Kamis, 18 Oktober 2012

tips aman bertransaksi di ATM


Headline
Pembobolan ATM ( Automatic Teller Machine ) sering terjadi di sejumlah kota besar di indonesia. Sebenarnya kejahatan perbankan sangat beragam dari yang halus sampai tindak kriminal kasar. Seperti, pencurian kartu ATM, hacking internet banking, skimming, social engineering terhadap pemilik rekening, serta kejahatan fisik ( yang termasuk kategori tindak kriminal kasar ) seperti perampokan bank. Hal terpenting bagi para pengguna ATM adalah menjaga keamanan saat bertransaksi di bank. Berikut beberapa tips aman saat bertransaksi di ATM:

Menjaga kerahasiaan PIN ATM
PIN ATM merupakan kunci pembuka sebuah transaksi jangan sampai PIN ini bisa diketahui oleh orang lain, walaupun orang yang anda percaya sekalipun. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan PIN:
  • Mengganti PIN secara berkala 
  • Menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga tidak terlihat pihak lain
  • Tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

Perhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya
Pastikan tidak ada orang yang dapat melihat kearah keypad ketika Anda memasukkan pin. Beberapa atm sudah dilengkapi penutup, tapi anda juga bisa menutupnya sendiri dengan tangan yang lain.Gunakan jari jempol untuk menekan keypad dengan tetap memposisikan jari yang lain di keypad. Jadi seolah2 anda menekan dengan telunjuk tapi sebenarnya pin dimasukkan oleh jempol.Apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau ke yang berwajib.

Cari lokasi ATM yang relatif aman
Datang ke ATM yang anda yakin aman, insting dan naluri alamiah bisa memberikan sinyal yang kuat apakah ATM ini aman atau berbahaya. Pada saat tiba di atm, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa sekeliling mesin guna memastikan tidak ada yang mencurigakan, misalnya kamera tersembunyi atau alat pengganda kartu (skimmer). Batalkan transaksi jika anda merasa tidak aman atau menemukan kejanggalan di sana.

Hindari bertraksaksi sembarangan
Kartu ATM seringkali bisa digunakan sebagai kartu debit untuk berbelanja di berbagai tempat. Pastikan Anda menggunakan kartu debit hanya di tempat-tempat yang dapat dipercaya. Jika petugas menggesek kartu pada mesin yang tidak resmi, segera tanya dan berhati-hati, apalagi dilakukan di tempat yang tersembunyi.

Mudah-mudahan bermanfaat dan aman saat bertransaksi di ATM.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar